Single Linked List

Pengertian Single Linked List

Linked List adalah sekumpulan node data yang terurut linear atau sekuensial. Node adalah istilah untuk elemen pada suatu list. Pada kondisi paling sederhana,node memiliki setidaknya dua atribut yaitu data dan referensi untuk node selanjutnya.

node pada linked list

Single Linked List adalah linked list dengan node yang memiliki data dan reference link (biasanya disebut next) yang menunjuk ke node lain pada list. Pada implementasinya, terdapat dua variasi single linked list yaitu circular dan non-circular. Berikut adalah ilustrasi single linked list non-circular

single linked list non-circular

Sedangkan untuk single linked list circular adalah sebagai berikut.

single linked list circular

Operasi pada Single Linked List

Pada single linked list dapat dilakukan beberapa operasi, beberapa operasi yang dapat dilakukan yaitu : insert, delete, print.

Implementasi Single Linked List dengan C++

Implementasi single linked list dapat lebih mudah dipahami dengan bahasa yang mendukung pointer. Pada tulisan ini single linked list diimplementasikan dengan menggunakan C++. Berikut adalah implementasi dari program.

Abstract Data Type

Bagian ini merupakan header dari implementasi single linked list digunakan untuk definisikan method dan fungsi, serta struktur data tipe. Pada contoh ini struktur tipe data yang digunakan sangat sederhana, yaitu data dan next (referensi ke node lain).

Implementasi Single Linked List

Bagian ini merupakan implementasi untuk single linked list, dalam kasus ini adalah non-circular. Berkas ini berisi lojik method dan fungsi pada single linked list dengan bahasa C++.

Implementasi Utama atau Main Program

Berikut adalah implementasi utama dari single linked list, alur program dapat dicek dengan step debugger atau jika ingin lebih jelas dapat modifikasi bagian ini sesuai keinginan.

Implementasi single linked list dengan C++ telah selesai. Agar lebih jelas, kode tersebut dapat dimodifikasi dan dipelajari. Selamat belajar!

Catatan

  • Fungsi allocate berfungsi untuk alokasi memori untuk node.
  • Fungsi free berfungsi untuk release memori yang digunakan node.
  • Pointer pada single linked list adalah atribut next pada node.
comments powered by Disqus