Remote Desktop Real Display dengan VNC

Beberapa minggu lalu sempat ramai berita tentang videotron di Jakarta Selatan yang di “retas” oleh seseorang. Berdasarkan dari berita-berita terakhir, pelaku melakukan aksinya dikarenakan tahu akses ke videotron tersebut karena saat ia melintas, username dan password terlihat di videotron tersebut.

Sebenarnya, kejadian tersebut cukup menggelitik bagi saya. Nah, pada tulisan ini saya akan berbagi salah satu solusi yang mungkin bisa diterapkan pada videotron tersebut tanpa khawatir akses terlihat.

VNC (Virtual Network Computing) adalah sistem desktop sharing yang memanfaatkan protokol Remote Frame Buffer. VNC terdapat klien dan server, pada server umumnya VNC akan membuat virtual X11 server yang kemudian dapat diakses dengan menggunakan klien VNC untuk mengakses virtual desktop tersebut.

Bagaimana jika saya ingin mengakses desktop tetapi di real / physical display? x11vnc dapat menjadi solusinya. Berikut langkah pemasangan x11vnc dan penggunaannya.

Pemasangan x11vnc Server

Pada sisi server,saya menggunakan Arch Linux dengan Desktop Environment MATE. Untuk memulai pemasangan, buka mate-terminal lalu unduh dan pasang x11vnc.

sudo pacman -Syy x11vnc

Kemudian, jalankan server x11vnc dengan perintah

x11vnc -storepasswd
x11vnc -usepw
x11vnc -display :0

![Konfigurasi password x11vnc](https://rizkidoank.sgp1.digitaloceanspaces.com/rizkidoank/images/2016/10/x11vnc_01.jpeg)

Pada perintah diatas,:0 adalah display yang akan digunakan, silakan sesuaikan kebutuhan. Biasanya saat di jalankan, server X11 VNC akan menggunakan port 5900,untuk opsi lain silakan lihat di x11vnc --help.

contoh x11vnc server saat dijalankan

Pengujian X11 VNC

Pemasangan selesai, sekarang saya akan akses server melalui host lain. Untuk akses VNC saya menggunakan vinagre, silakan gunakan klien VNC lain sesuai kebutuhan.

informasi about vinagre

Pada vinagre, buat profil koneksi baru dengan tipe VNC, lalu masukkan IP dan port yang digunakan. Jika pemasangan sudah benar, maka server sudah dapat diakses.

mencoba x11vnc

Selesai! Sekarang tidak perlu khawatir lagi username dan password tampil di videotron. Karena x11vnc tidak menampilkan window dengan informasi akun, hanya berjalan sebagai services.

comments powered by Disqus