Double Linked List

Pengenalan Double Linked List

Pengertian Double Linked List adalah sekumpulan node data yang terurut linear atau sekuensial dengan dua buah pointer yaitu prev dan next. Node pada Double Linked List

Double Linked List adalah linked list dengan node yang memiliki data dan dua buah reference link (biasanya disebut next dan prev) yang menunjuk ke node sebelum dan node sesudahnya. Pada implementasinya, terdapat dua variasi double linked list yaitu circular dan non-circular layaknya pada single linked list.

Double linked list

Gambar diatas adalah salah satu contoh double linked list dengan dua buah pointer pembantu yaitu head dan tail.

Operasi pada Double Linked List

Double linked list memiliki beberapa operasi dasar pada list, misalkan penyisipan, penghapusan, menampilkan maju, dan menampilkan mundur.

Insert First

Insert First Penyisipan di awal list, sehingga pointer head juga akan berpindah ke elemen baru.

Insert Last

Insert Last Penyisipan di akhir list, sehingga pointer tail juga akan berpindah ke elemen baru.

Insert After / Before

Insert After / Before Penyisipan after/before kurang lebih sama satu sama lain. Pada kasus diatas berlaku juga insert before 3.

Delete First

Delete First Penghapusan di awal list, pointer head akan berpindah ke node selanjutnya,sementara node awal akan di dealokasi.

Delete Last

Delete Last Penghapusan di akhir list, pointer tail akan berpindah ke node sebelumnya,sementara node akhir akan di dealokasi.

Delete Node

Delete Node Penghapusan node dengan data tertentu, pada kasus diatas yaitu delete node 2.

Implementasi Double Linked List dengan C++

Berikut adalah implementasi Double Linked List dengan C++.

Abstract Data Type

ADT adalah header dan informasi struktur data dari elemen yang akan digunakan, dalam kasus ini yaitu Node.

Implementasi Method dan Fungsi

Setelah header didefinisikan, terdapat implementasi double linked list dengan C++.

Contoh Program Utama

Berikut adalah contoh program utama untuk pengujian dan validasi implementasi double linked list. Program ini dapat dimodifikasi sesuai keinginan, kode yang saya tulis hanyalah contoh saja.

Penutup

Implementasi dan kilasan teori terkait double linked list telah selesai. Sebenarnya ada method lain misal seperti delete after atau delete before, hanya saja dalam kasus ini diasumsikan telah diwakili fungsi delete element. Jika ingin memodifikasi atau mengembangkan dan mempelajari, silakan fork melalui repositori saya di Double Linked List rizkidoank. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali :D

comments powered by Disqus